BISNIS USAHA CUCI
KENDARAAN
Pendahuluan
Latar Belakang
Perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke
tahun semakin meningkat secara signifikan. Fenomena tersebut disebabkan
masyarakat sekarang ini lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada
harus menggunakan kendaraan umum. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya
jumlah kendaraan yang terjual setiap tahunnya. Dengam semakin banyaknya jumlah
kendaran motor dan mobil akan semakin membuka peluang bagi kita untuk membuka
bisnis cuci kendaraan. Seperti kita ketahui tidak semua orang mencuci
kendaraannya sendiri, apalagi orang yang bekerja seperti mereka yang tinggal di
kota-kota besar. Akibat kesibukannya, mereka lebih memilih mencuci kendaraannya
tempat cuci kendaraan.
Peluang usaha
cuci kendaraan motor dan mobil adalah suatu peluang bisnis yang cukup
menjanjikan dimana juga bisnis tersebut relative tidak beresiko tinggi. Apalagi
dengan bertambah banyaknya kendaraan di daerah ibukota Jakarta ini semakin
bertambahnya peluang bisnis cuci kendaraan dengan adanya pengaruh cuaca dan
budaya orang-orang di sekitar kita maka dengan bisnis jasa cuci kendaraan
merupakan alternatif yang cukup menjanjikan. Mungkin kita sering terlintas
bahwa sekang ini banyak sekali jasa cuci steam maka jika kita ingin bersaing
dengan mereka salah satunya adalah masalah pelayanan yang baik dan membuat
konsumen betah dan puas dengan hasil yang kami berikan bahkan menjadi langgan
bisnis kami.
Maksud dan Tujuan
Adapun
maksud dan tujuan dari bisnis jasa cuci kendaraan ini adalah :
1. Sebagai
usaha alternatif dalam bidang jasa
2. Dapat
menjalankan usaha cuci kendaraan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar
3. Dapat
menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya
4. Memberikan
lowongan pekerjaan kepada masyarakat
5. Meningkatkan
pendapatan masyarakat
Pembahasan
Peluang Bisnis
Bisnis cuci kendaraan termasuk bisnis yang banyak diminati saat ini.
Bisnis ini mendatangkan keuntungan yang besar setiap bulannya. Sebagai contoh,
seorang pengusaha bisnis cuci motor dengan rata-rata mencuci 20 pelanggan
kendaraan motor perhari dengan harga Rp.7000 /motor dalam sebulan ia dapat
menghasilkan 3 – 4 juta perbulan. Penghasilan ini belum di kurangi biaya
operasional dan bahan baku.
Bisnis cuci kendaraan merupakan bisnis yang fleksibel dan membuat peluang
bisnis sampingan yang mendukung keberadaan layanan cuci steam seperti aksesoris
motor dan mobil, ganti oli, cafe, penjualan pulsa dll.
Bisnis cuci kendaraan termasuk bisnis yang tidak mengenal musim. Di musim
hujan, kendaraan cepat kotor akibat lumpur dan kubangan air. Dengan demikian
kendaraan memerlukan perawatan dan pencucian akibat terkena air hujan karena
jika tidak cepat di bersihkan maka akan terkena karat pada bodi dan rangka.
Demikian juga di musim kemarau, kendaraan tetap memerlukan perawatan dan
pencucian akibat debu dan kotoran yang menempel. Demi menjaga penampilan dan
performa kendaraan, tentunya kebersihan kendaraan sangatlah penting.
Manfaat Adanya Cuci Kendaraan bagi Konsumen
Perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat pada setiap
tahunnya merupakan salah satu peluang besar bagi bisnis cuci kendaraan. Banyak
orang yang tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri.
Selain itu, bila membersihkan kendaraannya sendiri di khawatirkan tidak bersih
karena keterbatasan peralatan dan pengetahuan. Berikut informasi adanya peluang
bisnis cuci kendaraan berdasarkan konsumen :
a) Pemilik kendaraan tidak mau repot membersihkan kendaraannya sendiri
Pemilik kendaraan sudah
tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri, karena sudah
disibukkan dengan pekerjaannya sendiri. Selain itu pekerjaan mencuci kendaraan
merupakan pekerjaan yang membosankan dan tidak menyenangkan serta membuan waktu
dan tenaga. Sebagian orang gemar mencucikan kendaraannya di tempat jasa cuci
motor dan mobil karena praktis, murah, dan hasilnya memuaskan. Dan ada sebab
lain, yaitu mencuci kendaraan sambil beristirahat. Oleh karena itu beberapa
jasa cuci steam menyediakan ruang tunggu yang nyaman.
b) Fasilitas di rumah terbatas
Pemilik kendaraan mengharapkan kondisi kendaraanya selalu bersih, mulus,
mengkilap dan wangi. Untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan tentu saja
memerlukan fasilitas yang minim di rumah maka hasil pencuciannya tidak optimal
bahkan tidak bersih. Dengan peralatan yang serba terbatas mencuci di rumah akan
memboroskan tenaga, waktu serta air yang tidak sedikit.
c) Biaya lebih murah
Mencuci di rumah mungkin murah bagi sebagian
orang, namun kalau di hitung-hitung akan lebih murah bila mencuci di tempat
pencucian. Coba hitung volume air yang digunakan, sabun, semir ban dan
sebagainya. Belum lagi tenaga dan waktu untuk mengerjakannya. Dengan biaya yang
cukup murah kendaraan kembali bersih, wangi dan nyaman untuk di kendarai.
Selain itu pemilik kendaraan dapat menambah relasi atau rekanan. Banyak tempat
cuci yang di jadikan ajang untuk berkumpul dan saling tukar informasi.
Peluang Usaha Cuci Kendaraan Bagi Pebisnis
Alasan yang membuat mereka memilih mendirikan
usaha cuci kendaraan dibanding usaha lain yaitu :
a) Modal Kecil
Usaha cuci kendaraan bermotor merupakan bisnis
di bidang jasa sehingga tidak memerlukan modal yang besar. Hanya saja bisnis
ini perlu pelayanan yang optimal baik dari karyawan maupun dari faktor
pendukung lainnya.
b) Pengelolaan Tidak Rumit
Semua bisnis tidak dapat terhindar dari
masalah pengelolaan dan administrasi. Tingkat kesulitan dan kerumitannya
bergantung pada bidang usaha masing-masing. Semakin rumit pengelolaan dan
administrasinya maka akan semakin tinggi biaya operasional yang di keluarkan.
Adapun bisnis cuci steam merupakan salah satu bisnis yang tidak rumit karena
dapat di kelola secara sederhana dan pemilik usaha dapat mengontrol dari jauh
usahanya tersebut dengan catatan laporan keuangan dan laporan hasil kerja
karyawan. Pencatatan pemasukan dan pengeluaran sangatlah penting dalam
kelancaran usaha.
c) Karyawan Mudah di Dapat dan Tidak Perlu Keterampilan Khusus
Usaha ini dalam pengelolaanya dapat
memperkerjakan beberapa orang karyawan saja. Hanya dengan seorang pegawai pada
bagian administrasi sekaligus merangkap sebagai kasir dan beberapa pegawai
untuk bagian pencucian kendaraan. Kita dapat dengan mudah mendapatkan karyawan
untuk bagian pencucian kendaran dengan sedikit pelatihan tentang cara
membersihkan kendaraan yang benar. Bisnis ini juga perlu memiliki manager.
Dengan demikian si pemilik tidak harus mengatur sendiri manajemen usahanya,
melainkan hanya tinggal menagmbil pegawai lulusan management. Dengan begitu
sudah dapat menjalankan usahanya.
d) Gaji Karyawan Dapat Berbagi Hasil
Untuk Pemberian gaji karyawan dapat dilakukan
sesuai keinginan. Apakah dengan sistem gaji harian, mingguan atau bulanan.
Dapat juga dilakukan secara langsung dengan menerima upah dari setiap pelanggan
yang datang tergantung banyaknya yg di cuci setiap harinya. Atau dengan
pembagian keuntungan antara pemilik dan pegawai yang telah disepakati bersama,
maka pegawai dapat langsung mengambil bagian hasil kerjanya misalnya 70% untuk
pemilik dan 30% untuk pegawai.
Untuk memulai usaha cuci steam kita harus selalu mengingat konsep 4P
(Product, Price, Place, dan Promotion) untuk mengetahui apa saja yang di
perlukan sehingga perencanaan dan konsep dapat di buat secara matang. Dalam
perencanaan bisnis cuci steam, yaitu menyangkut alat dan bahan yang di
perlukan, berapa biaya yang harus di berikan untuk setiap jenis jasa, lokasi
atau tempat yang strategis, serta teknik yang tepat sesuai sasaran pemasaran
sehingga dapat menarik banyak pelanggan. Dengan demikian bisnispun akan
berkembang. Berikut adalah 4 konsep hal terpenting dalam bisnis :
A) PRODUCT
Setiap bisnis pasti mempunyai barang atau jasa yang di tawarkan kepada
konsumen. Bisnis cuci kendaraan merupakan bisnis yang berkerak dalam bidang
jasa dengan produk berupa pelayanan jasa dan barang. Bisnis cuci kendaraan jasa
cuci motor atau mobil, jasa semir, serta perawatan badan motor atau mobil.
Untuk produk yang merupakan barang merupakan bisnis pendamping dari cuci
kendaraan seperti menjual berbagai asksesoris kendaraan seperti menjual
berbagai asksesoris motor atau mobil, ganti oli, ganti ban, makanan atau
minuman dll.
B) PRICE
Dalam bisnis cuci kendaraan ini kita memerlukan perhitungan yang tepat
agar bisnis yang kita jalankan tidak mengalami kerugian tidak terkecuali
bisnis-bisnis lainpun seperti itu. Biaya yang di keluarkan untuk membeli
peralatan mencuci seperti shampo, canebo, ember, sikat, gaji karyawan, biaya
listrik, biaya sewa tempat serta air di kalkulasikan. Kendaraan yang datang
setiap harinya juga perlu di perhitungkan. Dengan demikian kita dapat
menentukan harga yang tepat kepada konsumen. Untuk menentukan harga dengan cara
lain ialah dengan membandingkan harga di tempat lain dan perlu melakukan survei
harga dan pelayanan sebagai bahan pembanding sehingga dapat menentukan harga
yang bersaing.
C)
PLACE
Di dalam menetukan
tempat untuk mendirikan suatu usaha kita harus melihat dari kebutuhan konsumen.
Seperti halnya mendirikan usaha cuci kendaraan, maka kita harus tahu dimana
tempat yang tepat untuk membangun usaha tersebut. Tentunya di pinggir jalan
besar yang banyak di lalui oleh kendaraan dan dapat dilihat oleh orang banyak
sehingga menarik perhatian para konsumen. Dalam menentukan lokasi perlu juga
memperhatikan lingkungan lain apakah dekat dengan sumber air dan saluran
pembuangan air limbah bekas cucian. Karena hal itu sangat penting dalam
kelancaran bisnis cuci kenadaraan agar tidak melanggar peraturan. Disamping
menyediakan tempat untuk cuci kendaraan kita juga harus memperhatikan aspek
lain yaitu tempat untuk kenyamanan pengunjung untuk bersantai. Tempat yang
dibutuhkanpun tidak harus mahal atau luas yang terpenting ada beberapa properti
yang ada yaitu seperti televisi, majalah atau koran, kursi dan meja. Disamping
itu kita harus memperhatikan kebersihan lokasi setempat maupun lingkungan.
D)
PROMOTION
Faktor promosi
merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis. Besarnya penjualan barang
dan jasa yang ditawarkan tergantung pada seberapa efektif promosi yang telah
dilakukan. Media promosi dapat berupa media cetak dan media elektronik. Manfaat
promosi adalah menambah jumlah pengunjung yang datang. Media promosi berguna
untuk menyebarkan informasi bisnis yang sedang berjalan dalam jangka panjang.
Beberapa media promosi dapat berupa :
1)
Brosur
Salah satu media yang dapat dilakukan dalam bisnis cuci kendaraan adalah
dengan penyebaran brosur. Membuat brosur sebagus dan semenarik mungkin agar
dapat menarik para pembaca brosur tersebut. Cantumkan nama usaha, bentuk
pelayanan yang diberikan, harga dan alamat. Sebagai promosi harga, kita
tawarkan harga promosi terlebih dahulu. Jika bisnis sudah berjalan barulah
menaikan harga dengan harga ketentuan yang kita buat. Pembagian brosur
dilakukan di pinggir jalan raya yang banyak di lalui oleh kendaran.
2)
Media Lisan
Promosi dari mulut ke
mulut dapat di mulai dari teman, rekan kerja atau keluarga kita terlebih
dahulu. Dengan cara ini orang akan cepat tahu informasi yang diberikan. Media
ini tidak memerlukan biaya, hanya saja dibutuhkan kepintaran berkomunikasi
agara orang lain tertarik. Media ini dapat juga dilakukan saat pencucian
kendaraan. Dengan pengunjung kita dapat mempromosikan bisnis kita melalui
obrolan yang menyenangkan. Selain itu kita juga dapat memperbanyak relasi agar
bisnis berkembang pesat. Denga banyaknya relasi yang kita miliki maka media
lisan ini akan berhasil dan semakin banyak pula yang mengenal usaha kita.
3)
Papan Nama
Pemasangan label bisnis merupakan faktor penting dalam mempromosikan
bisnis cuci kendaraan. Misalnya pemberian nama dan jernis huruf dan ukuran
huruf. Pilihlah huruf besar dan menarik yang mudah dilihat dan diingat oleh
orang yang membacanya. Papan nama di buat di depan lokasi bisnis. Papan nama
dapat dibuat dari kayu atau dari besi adapun juga yang menggunakan spanduk.
4)
Internet
Bisnis cuci kendaraan dapat di promosikan melalui internet yaitu melalui
web, media sosial, blog, iklan baris dan sebagainya. Melalui situs bisnis kita
juga dapat mempromosikannya dengan menampilkan profil bisnis kita agar dapat di
akses orang lain dengan mudah. Tampilkan profil bisnis dengan layout dan
informasi yang jelas terutama mengenai lokasi dan nomor telepon yang dapat
dihubungi.
5)
Media Cetak
Memasang iklan di media
cetak di antaranya melalui iklan baris pada surat kabar atau tabloid. Surat
kabar atau tabloid dapat berupa koran lokal ataupun umum dan tabloid
otomotif. Namun cara ini memerlukan
biaya yang cukup lumayan.
Pengelolaan Bisnis Jasa Cuci Kendaraan
A.
PEMASARAN
Kita tidak memerlukan pemahaman teori pemasaran yang
kompleks. Para pelanggan akan datang dengan sendirinya sehingga kita tinggal
menjalakan tugas sebagai penyedia jasa cuci kendaraan. Cermati keinginan
konsumen dan juga jaga sikap buatlah konsumen merasa puas. Dengan memberikan
hasil cucian yang bersih, kita sudah melakukan hal positif untuk bisnis kita
tersebut. Pemasaran dapat secara langsung kita lakukan yaitu dengan pelayanan
yang memuaskan. Bisnis cuci kendaraan ini tidak memerlukan distribusi untuk
menyebarkan pelayanan yang ada. Bisnis ini merupakan bisnis yang secara langsung
memberikan pelayanan di tempat. Teknik pemasaran sederhana inilah yang sering
banyak di minati.
B.
KEUANGAN
Pengaturan keuangan harus dilakukan secara detail atau
terperinci dan terdokumentasi dengan baik dalam pembukuan. Bisnis cuci
kendaraan memiliki pengaturan keuangan dengan mudah. Pengaturan keuangan dapat
kita mulai melalui mengatur modal awal untuk memulai bisnis ini. Catat semua
kebutuhan untuk memulai bisnis. Untuk mengetahui harga-harga alat yang
dibutuhkan kita perlu mengadakan survei ke tempat penjualan alat tersebut untuk
mendapatkan harga yang murah tetapi dengan kualitas yang baik. Pendirian lokasi
bisnis harus di kalkulasi terlebih dahulu. Mulai dari besarnya membeli atau
menyewa tempat bangunan sampai membayar karyawan. Besarnya biaya yang kita
keluarkan dapat ditentukan dari jenis jasa yang ditawarkan.
C.
SUMBER DAYA MANUSIA
Umumnya bisnis cuci kendaraan mengambil pegawai yang
bertempat tinggal di sekitar lokasi. Hal ini dimaksudkan untuk memperkecil
biaya transportasi pegawai ke tempat kerja. Selain itu, dapat memantau
pengawasan keamanan tempat bisnis ini. Pegawai pencuci motor dan mobil tidak
harus memiliki persyaratan yang rumit dan tidak harus lulus sekolah tertentu.
Biasanya bisnis cuci kendaraan ini memiliki sistem pertukaran (shift). Jumlah
pegawai disesuakan dengan kebutuhan. Semakin besar bisnis ini maka semakin
besar pula dibutuhkan pegawai. Selain keterampilan mencuci dan membersihkan
kendaraan, pegawai juga harus memiliki sikap dan cara komunikasi yang baik.
Pembekalan pengetahuan yang harus dimiliki oleh pegawai bisnis cuci kendaraan
adalah pengetahuan akan standar kebersihan motor dan mobil, cara membersihkan
mobil, menyemil ban, memoles body kendaraan, mengetahui bagian bagian kendaraan
yang dapat di cuci ataupun tidak.
D.
ADMINISTRASI
Administrasi merupakan media untuk mengevaluasi jalannya
suatu bisnis. Administrasi untuk bisnis cuci kendaraan cukup sederhana. Cukup
dengan pembukuan yang menyangkut pencatatan modal awal, pembukuan biaya
operasional perbulan, serta semua transaksi yang dilakukan dengan teliti dan
rapi. Pencatatan modal awal serta pengeluaran awal untuk membuka bisni scuci
kendaraan sangat penting untuk mengetahui nilai Return Of Investment (ROI) dan
Break Event Point (BEP) sehingga kita dapat mengetahui berapa lama modal akan
kembali.
Dalam pembukuan, antara pemasukan dan pengeluaran harus
dilakukan secara terpisah. Hal ini untuk memudahkan pengecekan serta menghitung
untung ruginya. Buku yang digunakan dapat berupa buku besar berukuran folio
yang biasa digunakan untuk mencacat pembukuan keuangan. Pengarsipan bukti
transaksi seperti kuitansi tidak boleh terlupakan. Pengarsipan ini berguna
untuk pengecekan dan jika menemukan kejanggalan kita dapat menemukan melalui
bukti transaksi.
Penulisan laporan administrasi termasuk keuangan, dapat
dibuat dengan beberapa format tulisan atau tabel sederhana. Hal-hal yang perlu
dicacat misalnya tanggal transaksi, harga transaksi dan keterangan lain yang
dibutuhkan setiap harinya. Kedua laporan ini dapat kita jadikan sebagai
evaluasi untuk mengetahui bisnis yang kita jalankan untung atau rugi dan untung
mengetahui pengembangannya dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun dan
seterusnya.
Penutup
Kesimpulan
Dari tulisan di atas kita dapat
mengambil kesimpulan bahwa membangun suatu bisnis baik jasa maupun barang harus
memiliki konsep yang baik. Kita harus memperkirakan dan mengkalkulasi terlebih
dahulu. Maka dari itu kita harus memiliki seorang manajer perusahaan serta
memiliki seorang accounting untuk pencacatan bisnis yang sedang berjalan agar
usaha tersebut tidak berhenti di tengah jalan atau bangkrut. Pasti semua
pebisnis tidak akan mau kalau usahanya berhenti di tengah jalan.
Dapat di lihat juga bahwa bisnis cuci kendaraan ini
memiliki struktur organisasi yang baik karena memiliki pekerjaan seusai
bidangnya. Memberikan kepelatihan (training) kepada pegawai merukan hal penting
agar mereka tahu apa yang harus di kerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya
dengan baik. Dan yang terpenting dari binis jasa adalah masalah pelayanan dan
kenyamaan terhadap konsumen agar konsumen puas terhadap bisnis yang kita
tawarkan bahakn bisa menjadi langganan tetap.
Kritik dan Saran
Mungkin dalam
pembuatan makalah yang saya buat banyak kekurangan dan kesalahan baik penulisan
maupun kata, maka dari itu penulis bersedia menerima saran maupun kritik demi perbaikan
penulisan selanjutnya.
Daftar
Pustaka
Thoha, Miftah,
1994,”Kepemimpinan Dalam Manajemen”, CV. Rajawali, Jakarta. Yukl, Gary, 1996,
“Kepemimpinan Dalam kewirausahaan”, Prerhallindo, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar