Jumat, 29 November 2013

Bisnis Usaha Cuci Kendaraan

BISNIS USAHA CUCI KENDARAAN



Pendahuluan

Latar Belakang

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun semakin meningkat secara signifikan. Fenomena tersebut disebabkan masyarakat sekarang ini lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada harus menggunakan kendaraan umum. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah kendaraan yang terjual setiap tahunnya. Dengam semakin banyaknya jumlah kendaran motor dan mobil akan semakin membuka peluang bagi kita untuk membuka bisnis cuci kendaraan. Seperti kita ketahui tidak semua orang mencuci kendaraannya sendiri, apalagi orang yang bekerja seperti mereka yang tinggal di kota-kota besar. Akibat kesibukannya, mereka lebih memilih mencuci kendaraannya tempat cuci kendaraan.
 Peluang usaha cuci kendaraan motor dan mobil adalah suatu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dimana juga bisnis tersebut relative tidak beresiko tinggi. Apalagi dengan bertambah banyaknya kendaraan di daerah ibukota Jakarta ini semakin bertambahnya peluang bisnis cuci kendaraan dengan adanya pengaruh cuaca dan budaya orang-orang di sekitar kita maka dengan bisnis jasa cuci kendaraan merupakan alternatif yang cukup menjanjikan. Mungkin kita sering terlintas bahwa sekang ini banyak sekali jasa cuci steam maka jika kita ingin bersaing dengan mereka salah satunya adalah masalah pelayanan yang baik dan membuat konsumen betah dan puas dengan hasil yang kami berikan bahkan menjadi langgan bisnis kami.

Maksud dan Tujuan
          Adapun maksud dan tujuan dari bisnis jasa cuci kendaraan ini adalah :
1.     Sebagai usaha alternatif dalam bidang jasa
2.     Dapat menjalankan usaha cuci kendaraan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar
3.     Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya
4.     Memberikan lowongan pekerjaan kepada masyarakat
5.     Meningkatkan pendapatan masyarakat
Pembahasan

Peluang Bisnis

Bisnis cuci kendaraan termasuk bisnis yang banyak diminati saat ini. Bisnis ini mendatangkan keuntungan yang besar setiap bulannya. Sebagai contoh, seorang pengusaha bisnis cuci motor dengan rata-rata mencuci 20 pelanggan kendaraan motor perhari dengan harga Rp.7000 /motor dalam sebulan ia dapat menghasilkan 3 – 4 juta perbulan. Penghasilan ini belum di kurangi biaya operasional dan bahan baku.
Bisnis cuci kendaraan merupakan bisnis yang fleksibel dan membuat peluang bisnis sampingan yang mendukung keberadaan layanan cuci steam seperti aksesoris motor dan mobil, ganti oli, cafe, penjualan pulsa dll.
Bisnis cuci kendaraan termasuk bisnis yang tidak mengenal musim. Di musim hujan, kendaraan cepat kotor akibat lumpur dan kubangan air. Dengan demikian kendaraan memerlukan perawatan dan pencucian akibat terkena air hujan karena jika tidak cepat di bersihkan maka akan terkena karat pada bodi dan rangka. Demikian juga di musim kemarau, kendaraan tetap memerlukan perawatan dan pencucian akibat debu dan kotoran yang menempel. Demi menjaga penampilan dan performa kendaraan, tentunya kebersihan kendaraan sangatlah penting.

Manfaat Adanya Cuci Kendaraan bagi Konsumen

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat pada setiap tahunnya merupakan salah satu peluang besar bagi bisnis cuci kendaraan. Banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri. Selain itu, bila membersihkan kendaraannya sendiri di khawatirkan tidak bersih karena keterbatasan peralatan dan pengetahuan. Berikut informasi adanya peluang bisnis cuci kendaraan berdasarkan konsumen :

a)     Pemilik kendaraan tidak mau repot membersihkan kendaraannya sendiri
Pemilik kendaraan sudah tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri, karena sudah disibukkan dengan pekerjaannya sendiri. Selain itu pekerjaan mencuci kendaraan merupakan pekerjaan yang membosankan dan tidak menyenangkan serta membuan waktu dan tenaga. Sebagian orang gemar mencucikan kendaraannya di tempat jasa cuci motor dan mobil karena praktis, murah, dan hasilnya memuaskan. Dan ada sebab lain, yaitu mencuci kendaraan sambil beristirahat. Oleh karena itu beberapa jasa cuci steam menyediakan ruang tunggu yang nyaman.
b)    Fasilitas di rumah terbatas
Pemilik kendaraan mengharapkan kondisi kendaraanya selalu bersih, mulus, mengkilap dan wangi. Untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan tentu saja memerlukan fasilitas yang minim di rumah maka hasil pencuciannya tidak optimal bahkan tidak bersih. Dengan peralatan yang serba terbatas mencuci di rumah akan memboroskan tenaga, waktu serta air yang tidak sedikit.
c)     Biaya lebih murah

Mencuci di rumah mungkin murah bagi sebagian orang, namun kalau di hitung-hitung akan lebih murah bila mencuci di tempat pencucian. Coba hitung volume air yang digunakan, sabun, semir ban dan sebagainya. Belum lagi tenaga dan waktu untuk mengerjakannya. Dengan biaya yang cukup murah kendaraan kembali bersih, wangi dan nyaman untuk di kendarai. Selain itu pemilik kendaraan dapat menambah relasi atau rekanan. Banyak tempat cuci yang di jadikan ajang untuk berkumpul dan saling tukar informasi.

Peluang Usaha Cuci Kendaraan Bagi Pebisnis
                               
Alasan yang membuat mereka memilih mendirikan usaha cuci kendaraan dibanding usaha lain yaitu :
a)     Modal Kecil

Usaha cuci kendaraan bermotor merupakan bisnis di bidang jasa sehingga tidak memerlukan modal yang besar. Hanya saja bisnis ini perlu pelayanan yang optimal baik dari karyawan maupun dari faktor pendukung lainnya.
                                   
b)    Pengelolaan Tidak Rumit

Semua bisnis tidak dapat terhindar dari masalah pengelolaan dan administrasi. Tingkat kesulitan dan kerumitannya bergantung pada bidang usaha masing-masing. Semakin rumit pengelolaan dan administrasinya maka akan semakin tinggi biaya operasional yang di keluarkan. Adapun bisnis cuci steam merupakan salah satu bisnis yang tidak rumit karena dapat di kelola secara sederhana dan pemilik usaha dapat mengontrol dari jauh usahanya tersebut dengan catatan laporan keuangan dan laporan hasil kerja karyawan. Pencatatan pemasukan dan pengeluaran sangatlah penting dalam kelancaran usaha.



c)     Karyawan Mudah di Dapat dan Tidak Perlu Keterampilan Khusus
                                        
Usaha ini dalam pengelolaanya dapat memperkerjakan beberapa orang karyawan saja. Hanya dengan seorang pegawai pada bagian administrasi sekaligus merangkap sebagai kasir dan beberapa pegawai untuk bagian pencucian kendaraan. Kita dapat dengan mudah mendapatkan karyawan untuk bagian pencucian kendaran dengan sedikit pelatihan tentang cara membersihkan kendaraan yang benar. Bisnis ini juga perlu memiliki manager. Dengan demikian si pemilik tidak harus mengatur sendiri manajemen usahanya, melainkan hanya tinggal menagmbil pegawai lulusan management. Dengan begitu sudah dapat menjalankan usahanya.



d)    Gaji Karyawan Dapat Berbagi Hasil

Untuk Pemberian gaji karyawan dapat dilakukan sesuai keinginan. Apakah dengan sistem gaji harian, mingguan atau bulanan. Dapat juga dilakukan secara langsung dengan menerima upah dari setiap pelanggan yang datang tergantung banyaknya yg di cuci setiap harinya. Atau dengan pembagian keuntungan antara pemilik dan pegawai yang telah disepakati bersama, maka pegawai dapat langsung mengambil bagian hasil kerjanya misalnya 70% untuk pemilik dan 30% untuk pegawai.

Untuk memulai usaha cuci steam kita harus selalu mengingat konsep 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) untuk mengetahui apa saja yang di perlukan sehingga perencanaan dan konsep dapat di buat secara matang. Dalam perencanaan bisnis cuci steam, yaitu menyangkut alat dan bahan yang di perlukan, berapa biaya yang harus di berikan untuk setiap jenis jasa, lokasi atau tempat yang strategis, serta teknik yang tepat sesuai sasaran pemasaran sehingga dapat menarik banyak pelanggan. Dengan demikian bisnispun akan berkembang. Berikut adalah 4 konsep hal terpenting dalam bisnis :

A)   PRODUCT
Setiap bisnis pasti mempunyai barang atau jasa yang di tawarkan kepada konsumen. Bisnis cuci kendaraan merupakan bisnis yang berkerak dalam bidang jasa dengan produk berupa pelayanan jasa dan barang. Bisnis cuci kendaraan jasa cuci motor atau mobil, jasa semir, serta perawatan badan motor atau mobil. Untuk produk yang merupakan barang merupakan bisnis pendamping dari cuci kendaraan seperti menjual berbagai asksesoris kendaraan seperti menjual berbagai asksesoris motor atau mobil, ganti oli, ganti ban, makanan atau minuman dll.
B)   PRICE
Dalam bisnis cuci kendaraan ini kita memerlukan perhitungan yang tepat agar bisnis yang kita jalankan tidak mengalami kerugian tidak terkecuali bisnis-bisnis lainpun seperti itu. Biaya yang di keluarkan untuk membeli peralatan mencuci seperti shampo, canebo, ember, sikat, gaji karyawan, biaya listrik, biaya sewa tempat serta air di kalkulasikan. Kendaraan yang datang setiap harinya juga perlu di perhitungkan. Dengan demikian kita dapat menentukan harga yang tepat kepada konsumen. Untuk menentukan harga dengan cara lain ialah dengan membandingkan harga di tempat lain dan perlu melakukan survei harga dan pelayanan sebagai bahan pembanding sehingga dapat menentukan harga yang bersaing.

C)   PLACE
Di dalam menetukan tempat untuk mendirikan suatu usaha kita harus melihat dari kebutuhan konsumen. Seperti halnya mendirikan usaha cuci kendaraan, maka kita harus tahu dimana tempat yang tepat untuk membangun usaha tersebut. Tentunya di pinggir jalan besar yang banyak di lalui oleh kendaraan dan dapat dilihat oleh orang banyak sehingga menarik perhatian para konsumen. Dalam menentukan lokasi perlu juga memperhatikan lingkungan lain apakah dekat dengan sumber air dan saluran pembuangan air limbah bekas cucian. Karena hal itu sangat penting dalam kelancaran bisnis cuci kenadaraan agar tidak melanggar peraturan. Disamping menyediakan tempat untuk cuci kendaraan kita juga harus memperhatikan aspek lain yaitu tempat untuk kenyamanan pengunjung untuk bersantai. Tempat yang dibutuhkanpun tidak harus mahal atau luas yang terpenting ada beberapa properti yang ada yaitu seperti televisi, majalah atau koran, kursi dan meja. Disamping itu kita harus memperhatikan kebersihan lokasi setempat maupun lingkungan.

D)  PROMOTION

Faktor promosi merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis. Besarnya penjualan barang dan jasa yang ditawarkan tergantung pada seberapa efektif promosi yang telah dilakukan. Media promosi dapat berupa media cetak dan media elektronik. Manfaat promosi adalah menambah jumlah pengunjung yang datang. Media promosi berguna untuk menyebarkan informasi bisnis yang sedang berjalan dalam jangka panjang. Beberapa media promosi dapat berupa :


1)    Brosur

Salah satu media yang dapat dilakukan dalam bisnis cuci kendaraan adalah dengan penyebaran brosur. Membuat brosur sebagus dan semenarik mungkin agar dapat menarik para pembaca brosur tersebut. Cantumkan nama usaha, bentuk pelayanan yang diberikan, harga dan alamat. Sebagai promosi harga, kita tawarkan harga promosi terlebih dahulu. Jika bisnis sudah berjalan barulah menaikan harga dengan harga ketentuan yang kita buat. Pembagian brosur dilakukan di pinggir jalan raya yang banyak di lalui oleh kendaran.

2)    Media Lisan
Promosi dari mulut ke mulut dapat di mulai dari teman, rekan kerja atau keluarga kita terlebih dahulu. Dengan cara ini orang akan cepat tahu informasi yang diberikan. Media ini tidak memerlukan biaya, hanya saja dibutuhkan kepintaran berkomunikasi agara orang lain tertarik. Media ini dapat juga dilakukan saat pencucian kendaraan. Dengan pengunjung kita dapat mempromosikan bisnis kita melalui obrolan yang menyenangkan. Selain itu kita juga dapat memperbanyak relasi agar bisnis berkembang pesat. Denga banyaknya relasi yang kita miliki maka media lisan ini akan berhasil dan semakin banyak pula yang mengenal usaha kita.
3)    Papan Nama

Pemasangan label bisnis merupakan faktor penting dalam mempromosikan bisnis cuci kendaraan. Misalnya pemberian nama dan jernis huruf dan ukuran huruf. Pilihlah huruf besar dan menarik yang mudah dilihat dan diingat oleh orang yang membacanya. Papan nama di buat di depan lokasi bisnis. Papan nama dapat dibuat dari kayu atau dari besi adapun juga yang menggunakan spanduk.

4)    Internet

Bisnis cuci kendaraan dapat di promosikan melalui internet yaitu melalui web, media sosial, blog, iklan baris dan sebagainya. Melalui situs bisnis kita juga dapat mempromosikannya dengan menampilkan profil bisnis kita agar dapat di akses orang lain dengan mudah. Tampilkan profil bisnis dengan layout dan informasi yang jelas terutama mengenai lokasi dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

5)    Media Cetak
Memasang iklan di media cetak di antaranya melalui iklan baris pada surat kabar atau tabloid. Surat kabar atau tabloid dapat berupa koran lokal ataupun umum dan tabloid otomotif.  Namun cara ini memerlukan biaya yang cukup lumayan.

Pengelolaan Bisnis Jasa Cuci Kendaraan

A.   PEMASARAN

          Kita tidak memerlukan pemahaman teori pemasaran yang kompleks. Para pelanggan akan datang dengan sendirinya sehingga kita tinggal menjalakan tugas sebagai penyedia jasa cuci kendaraan. Cermati keinginan konsumen dan juga jaga sikap buatlah konsumen merasa puas. Dengan memberikan hasil cucian yang bersih, kita sudah melakukan hal positif untuk bisnis kita tersebut. Pemasaran dapat secara langsung kita lakukan yaitu dengan pelayanan yang memuaskan. Bisnis cuci kendaraan ini tidak memerlukan distribusi untuk menyebarkan pelayanan yang ada. Bisnis ini merupakan bisnis yang secara langsung memberikan pelayanan di tempat. Teknik pemasaran sederhana inilah yang sering banyak di minati.


B.   KEUANGAN

          Pengaturan keuangan harus dilakukan secara detail atau terperinci dan terdokumentasi dengan baik dalam pembukuan. Bisnis cuci kendaraan memiliki pengaturan keuangan dengan mudah. Pengaturan keuangan dapat kita mulai melalui mengatur modal awal untuk memulai bisnis ini. Catat semua kebutuhan untuk memulai bisnis. Untuk mengetahui harga-harga alat yang dibutuhkan kita perlu mengadakan survei ke tempat penjualan alat tersebut untuk mendapatkan harga yang murah tetapi dengan kualitas yang baik. Pendirian lokasi bisnis harus di kalkulasi terlebih dahulu. Mulai dari besarnya membeli atau menyewa tempat bangunan sampai membayar karyawan. Besarnya biaya yang kita keluarkan dapat ditentukan dari jenis jasa yang ditawarkan.



C.   SUMBER DAYA MANUSIA

          Umumnya bisnis cuci kendaraan mengambil pegawai yang bertempat tinggal di sekitar lokasi. Hal ini dimaksudkan untuk memperkecil biaya transportasi pegawai ke tempat kerja. Selain itu, dapat memantau pengawasan keamanan tempat bisnis ini. Pegawai pencuci motor dan mobil tidak harus memiliki persyaratan yang rumit dan tidak harus lulus sekolah tertentu. Biasanya bisnis cuci kendaraan ini memiliki sistem pertukaran (shift). Jumlah pegawai disesuakan dengan kebutuhan. Semakin besar bisnis ini maka semakin besar pula dibutuhkan pegawai. Selain keterampilan mencuci dan membersihkan kendaraan, pegawai juga harus memiliki sikap dan cara komunikasi yang baik. Pembekalan pengetahuan yang harus dimiliki oleh pegawai bisnis cuci kendaraan adalah pengetahuan akan standar kebersihan motor dan mobil, cara membersihkan mobil, menyemil ban, memoles body kendaraan, mengetahui bagian bagian kendaraan yang dapat di cuci ataupun tidak.



D.   ADMINISTRASI

          Administrasi merupakan media untuk mengevaluasi jalannya suatu bisnis. Administrasi untuk bisnis cuci kendaraan cukup sederhana. Cukup dengan pembukuan yang menyangkut pencatatan modal awal, pembukuan biaya operasional perbulan, serta semua transaksi yang dilakukan dengan teliti dan rapi. Pencatatan modal awal serta pengeluaran awal untuk membuka bisni scuci kendaraan sangat penting untuk mengetahui nilai Return Of Investment (ROI) dan Break Event Point (BEP) sehingga kita dapat mengetahui berapa lama modal akan kembali.
         
          Dalam pembukuan, antara pemasukan dan pengeluaran harus dilakukan secara terpisah. Hal ini untuk memudahkan pengecekan serta menghitung untung ruginya. Buku yang digunakan dapat berupa buku besar berukuran folio yang biasa digunakan untuk mencacat pembukuan keuangan. Pengarsipan bukti transaksi seperti kuitansi tidak boleh terlupakan. Pengarsipan ini berguna untuk pengecekan dan jika menemukan kejanggalan kita dapat menemukan melalui bukti transaksi.
         
          Penulisan laporan administrasi termasuk keuangan, dapat dibuat dengan beberapa format tulisan atau tabel sederhana. Hal-hal yang perlu dicacat misalnya tanggal transaksi, harga transaksi dan keterangan lain yang dibutuhkan setiap harinya. Kedua laporan ini dapat kita jadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui bisnis yang kita jalankan untung atau rugi dan untung mengetahui pengembangannya dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun dan seterusnya.


Penutup

Kesimpulan
          Dari tulisan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa membangun suatu bisnis baik jasa maupun barang harus memiliki konsep yang baik. Kita harus memperkirakan dan mengkalkulasi terlebih dahulu. Maka dari itu kita harus memiliki seorang manajer perusahaan serta memiliki seorang accounting untuk pencacatan bisnis yang sedang berjalan agar usaha tersebut tidak berhenti di tengah jalan atau bangkrut. Pasti semua pebisnis tidak akan mau kalau usahanya berhenti di tengah jalan.
          Dapat di lihat juga bahwa bisnis cuci kendaraan ini memiliki struktur organisasi yang baik karena memiliki pekerjaan seusai bidangnya. Memberikan kepelatihan (training) kepada pegawai merukan hal penting agar mereka tahu apa yang harus di kerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya dengan baik. Dan yang terpenting dari binis jasa adalah masalah pelayanan dan kenyamaan terhadap konsumen agar konsumen puas terhadap bisnis yang kita tawarkan bahakn bisa menjadi langganan tetap.
Kritik dan Saran

Mungkin dalam pembuatan makalah yang saya buat banyak kekurangan dan kesalahan baik penulisan maupun kata, maka dari itu penulis bersedia menerima saran maupun kritik demi perbaikan penulisan selanjutnya.


Daftar Pustaka

Thoha, Miftah, 1994,”Kepemimpinan Dalam Manajemen”, CV. Rajawali, Jakarta. Yukl, Gary, 1996, “Kepemimpinan Dalam kewirausahaan”, Prerhallindo, Jakarta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar